Sabtu, 03 Januari 2015


Ketika hasrat berpetualang Anda terwujud menyusuri sungai terpanjang di Indonesia itu maka pastinya akan menjumpai rumah panjang suku Dayak. Rumah Betang adalah jantung dari struktur sosial kehidupan suku Dayak sekaligus cerminan hidup keseharian salah satu suku adat yang mengagumkan itu.

Perhatikan bagaimana rumah betang yang rutin mengeluarkan kepulan asap lambat laun hilang di balik rindangnya dedaunan hutan tropis Kalimantan. Itulah pertanda denyut kehidupan tetap bergeliat di dalam hutan dan sisi Sungai Kapuas.  Para ibu suku Dayak baru saja menyiapkan air kelapa untuk makan besar yang harumnya akan mengundang air liur Anda.

Rumah panjang suku Dayak biasanya terdiri lebih dari 50 ruangan dengan banyak dapur sehingga menjadikannya sebagai salah satu rumah terpanjang yang pernah dibangun. Meskipun rumah panjang tersebut terlihat sangat sederhana namun nyatanya memiliki daya tahan luar biasa karena sebagain besar dibangun berabad-abad lalu.

Saat ini masih ada beberapa rumah betang kokoh berdiri berbahan kayu ulin (kayu besi) yang terkenal kuat. Rumah betang biasanya dibangun di atas tiang setinggi 5 sampai 8 meter, sedangkan untuk masuk ke dalam rumah menggunakan tangga (tangka) sederhana. Karena tangganya yang kurang kokoh maka Anda harus berhati-hati ketika menaikinya satu per satu.

Suku Dayak merupakan suku asli Kalimantan, pulau besar yang dikenal juga dengan nama Borneo. Suku Dayak menghuni dataran tinggi, pedalaman hutan, dan di sepanjang pinggiran sungai pulau ini. Mereka disegani karena kehandalannya berburu di hutan dan saat ini suku Dayak hidup dengan bertani, menghasilkan produk hutan, menenun, atau mengukir kayu.
Rumah panjang dikenal dengan nama lain betang atau lamin. Umumnya rumah adat ini terletak di pinggiran sungai dan dibangun di atas tiang yang kokoh agar terhindar dari banjir musiman. Sungai sangat berperan penting bagi kehidupan mereka karena berfungsi sebagai penyedia makanan dan minuman. Selain itu, tentu saja sebagai penghubung ke dunia luar.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

Sekilas